Ciri Ayam Petarung Jenis Bangkok Yang Masih Asli

Saat ini perkembangan Ayam Petarung di Indonesia sangat tinggi, banyak dari para botoh maupun pengobi ayam yang rela mendatangkan ayam aduan jenis bangkok dari luar negeri lebih tepat nya dari Thailand. Ayam aduan jenis ini memang berasal dari negeri gajah putih, harga ayam ini sendiri bisa dikatakan mahal bila kita mendatangkan nya langsung dari sana. Di Indonesia sendiri memang terdapat banyak ayam jenis ini, akan tetapi yang menjadi masalah adalah ke aslian ayam itu sendiri.

Hal itu dikarenakan di Indonesia kebanyakan ayam bangkok sudah di kawin silangkan dengan berbagai jenis ayam lain nya, bahkan tak jarang mereka menyilangkan dengan ayam kampung sehingga tentu keturunan nya bukan lah ayam bangkok yang masih asli. Lalu bagaimana cara membedakan ayam bangkok asli dengan yang sudah memiliki darah campuran dari ayam jenis lain? berikut ini penjelasan nya.

Ayam bangkok yang asli dilihat dari penampilan fisik nya memiliki tubuh yang sedikit lebih besar dari ayam kampung, memiliki kaki yang cukup panjang serta terlihat kuat. Selain itu ayam bangkok yang masih asli biasanya akan memiliki warna merah hitam, kuning hitam, wiring kuning, serta abang sapi atau seperti warna sapi. Selain itu saat berkokok ayam ini akan mengeluarkan suara yang sangat lantang namun dengan durasi yang pendek.

Berikut nya jika kita melihat mata nya ayam bangkok yang masih asli akan memiliki mata yang nampak bersinar putih bersih serta tidak memiliki kotoran maupun bercak yang ada di mata nya. Ayam bangkok yang masih asli juga akan memiliki gembel di sekitar bawah kepala nya, tepat nya di bawah paruh. Dibandingkan ayam kampung, gembel ayam ini akan lebih panjang dan lebih nampak jika kita perhatikan lebih teliti.

Selain itu kita juga bisa membedakan ayam bangkok yang masih asli dengan memegang badan ayam tersebut. Jika ayam itu asli maka saat kita pegang akan terasa sangat keras, padat serta berisi dengan struktur tulangan yang besar dan jauh berbeda dengan ayam kampung yang biasa ada di sekitar kita.

Ayam bangkok yang asli juga akan memiliki kaki yang kering serta panjang, dimana hal itu menandakan bahwa sang ayam memiliki pukulan yang keras serta kencang. Ayam kampung tidak akanĀ  memiliki pukulan yang keras, selain itu tulangan nya juga lebih kecil jika dibandingkan dengan ayam bangkok yang asli. Jadi cukup mudah untuk kita membedakan nya.

Ciri Ayam Petarung Yang Memiliki Katuranggan

Selain ciri di atas, biasanya ayam aduan juga akan memiliki katuranggan. Katuranggan ini sendiri dibedakan menjadi katuranggan sisik kaki serta katuranggan ayam nya. Seperti katuranggan songgo bumi, dimana ketika ayam ini tidur maka seluruh badan nya hampir semua menyosor ke tanah.

Untuk katuranggan yang ada pada sisik kaki terdapat cukup banyak seperti katuranggan sisik naga temurun, batu karang, naga mangsa, naga banda, batu rantai dan lain-lain. Untuk ciri ayam yang memiliki katuranggan seperti ini bisa anda lihat di artikel sebelum nya.

Jadi saat kita memutuskan untuk membeli ayam aduan, maka anda harus jeli membedakan mana ayam bangkok yang masih asli atau tidak. Selain itu anda juga bisa membedakan ayam yang memiliki katuraggan atau tidak. Demikian artikel mengenai ciri Ayam Petarung yang masih asli, semoga bermanfaat.