Cara Mudah Beternak Ayam Bangkok Bagi Pemula

Bagi kalangan yang memiliki hobi ayam aduan tentu saja sudah tidak asing dengan istilah Ayam Bangkok. Ayam ini sendiri memang berasal dari Bangkok Thailand, ayam petarung jenis ini banyak di minati di Indonesia karena memiliki banyak keunggulan. Seperti memiliki bedan yang besar, kuat ketika menerima pukulan dan memiliki pukulan yang keras. Maka dari itu saat ini cukup banyak peternak ayam jenis ini. Selain sebagai hobi, memelihara ayam ini juga bisa mendatangkan banyak uang mengingat harga nya sendiri cukup mahal, mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah.

Sebenar nya tidak terlalu sulit untuk memulai beternak ayam jenis ini, hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih indukan yang bagus. Jika anda menginginkan keberhasilan ketika beternak ayam maka anda harus benar-benar memilih indukan yang bagus. Anda harus memilih indukan yang sehat, tidak cacat fisik, serta sudah cukup umur. Hal ini bertujuan agar anakan nya juga memiliki kualitas yang bagus. Lebih bagus lagi jika anda bisa mendapatkan indukan dari ayam juara, hal ini tentu akan menurun pada anakan nya nanti.

Hal yang mesti anda perhatikan selanjut nya adalah pemilihan kandang. Sebaik nya arahkan kandang ayam anda menghadap ke timur, hal ini agar pada saat pagi hari ayam anda terkena cukup sinar matahari. Sinar matahari pagi sendiri mengandung banyak vitamin bagi ayam sehingga ayam anda akan sehat. Selain itu baik nya kontur tanah yang anda gunakan memiliki beberapa pohon untuk menjaga sirkulasi udara yang ada pada kandang ayam anda.

Selain kandang untuk mengurung indukan, anda juga harus menyiapkan kandang kecil guna anakan nya kelak. Ketika telur menetas, anda sebaik nya cepat memindah anakan nya ke kandang yang berbeda. Hal ini agar pertumbuhan anakan nya lebih optimal dan juga indukan nya agar cepat bertelur lagi. Pada kandang anakan, anda harus menyiapkan lampu dengan daya sekitar 5 watt agar sang anakan tidak kedinginan.

Ketika anakan nya sudah berumur sekitar 3 bulan, anda bisa membuat kandang pisah. Kandang ini dikhusus kan untuk ayam saat tidur. Ukuran nya sendiri tidak usah terlalu besar, karena memang hanya untuk malam hari saja. Kandang ini diarapkan dibuat menyerupai model panggung minimal 1 meter di atas tanah, karena pada saat malam hari suhu tanah sendiri memang dingin.

Pakan Untuk Ayam Bangkok Anakan Hingga Dewasa

Pemberian pakan ayam petarung ini sendiri dibedakan berdasar umur mereka. Saat anakan baru menetas anda cukup memberinya air serta vitamin. Sedangkan bagi anakan yang masih berusia 2-15 hari anda sudah bisa memberinya pakan ayam pedaging dengan tekstur yang kecil sehingga anak ayam bisa menelan nya. Setelah umur 2 minggu anda bisa memberi nya poor 591, poor ini sendiri sudah terbilang cukup komplit karena mengandung berbagai jenis vitamin yang dibutuhkan oleh ayam.

Setelah ayam berusia 3 bulan, anda bisa mengganti nya dengan poor 593. Pada usia ini ayam harus diberikan vitamin sebanyak mungkin agar sang ayam bisa tumbuh dengan cepat dan memiliki ukuran yang besar. Dan setelah ayam cukup dewasa atau pada usia 7 bulan, anda bisa memberi nya pakan beras merah. Hal ini dilakukan agar ayam memiliki tubuh yang kekar dan kuat. Demikian artikel mengenai  cara mudah beternak Ayam Bangkok, semoga bermanfaat.